#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Social Icons

Pages

Monday, April 8, 2013

Penyebab Kanker Serviks dan Pencegahannya

Penyebab kanker serviks pada wanita adalah human papilloma virus (HPV). Virus papilloma merupakan jenis virus yang mudah berpindah dan menyebar melalui berbagai macam cara. Bukan hanya melalui cairan, tapi juga melalui sentuhan kulit dan juga penggunaan wc umum yang tidak bersih. Selain faktor tersebut, pola hidup tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol dan kurangnya asupan vitamin C dan E juga bisa menjadi penyebab kanker serviks.

Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah sering berganti-ganti pasangan. Selain itu, kanker serviks juga dapat di sebebkan oleh hubungan intim pada usia di bawah umur 20 tahun. Hal ini karena sel-sel mukosa pada wanita muda lebih rentan dengan serangan virus dari luar. Tidak heran jika kanker serviks kini menjadi salah satu kanker mematikan nomor dua di dunia saat ini.
Diperkirakan ada sekitar 30-50 wanita di diagnosis terserang kanker serviks setiap harinya di Indonesia dan sekitar 20 persen diantaranya meninggal dunia karena penyakit tersebut. Di duga kurangnya pengetahuan dan rendahnya kesadaran masyarakat atas penyakit ini menjadi salah satu faktor meningkatnya kanker serviks di Indonesia. Kanker yang menyerang bagian bawah rahim wanita ini memang sulit untuk di deteksi sejak dini.
penyebab kanker serviks
Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks
Dibutuhkan sekitar 10-20 tahun sebuah infeksi kecil menjadi sebuah kanker serviks yang sangat mematikan. Untuk itu, kesadaran dan deteksi dini akan penyakit ini ini bisa menghindarkan Anda dari kanker serviks. Caranya adalah dengan rajin memeriksakan kesehatan ke dokter dan juga menjaga kebersihan saat berhubungan maupun saat menggunakan toilet umum. Untuk deteksi dini, Anda juga bisa melakukannya melalui ciri-ciri berikut ini:

1. Mengalami kepuitihan yang tidak normal dan juga terjadi pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.
2. Saat melakukan hubungan intim Anda mersakan sakit yang tidak wajar.
3. Sering merasa sakit pada bagian pinggul Anda.
4. Sering keluar darah yang berlebihan saat Anda dalam masa menstruasi.
5. Susah buang air air kecil, nafsu makan hilang dan juga mengalami pendarahan tiba-tiba.

Pencegahan Kanker Serviks
Saat ini kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV untuk membantu melindungi tubuh dari serangan beberapa tipe HPV yang berbahaya bagi kesehatan. Selain pemberian vaksin, menjaga pola hidup dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dapat menghindarkan tubuh dari kanker serviks. Menghindari hubungan intim pada usia muda dan juga selalu setia pada pasangan Anda merupakan salah satu cara mencegah kanker serviks.

Melakukan inspeksi visual dengan asam asetat atau dengan test pap smear minimal 2 tahun sekali adalah salah satu cara mencegah kanker serviks sejak dini. Dan tidak lupa untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan juga buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan juga vitamin E untuk kekebalan tubuh. Meskipun tidak menutup kemungkinan orang yang merasa sehat terserang kanker serviks. Makanya di perlukan kesadaran diri dari Anda sendiri untuk selalu menjaga kebersihan.

Demikian ulasan mengenai penyebab kanker serviks dan juga cara menceganya sejak dini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Anda melalui tombol share di bawah ini. Salam sehat!

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

Alert

Protected by Copyscape Online Copyright Protection