#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Social Icons

Pages

Saturday, May 4, 2013

1001 Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A
Manfaat vitamin A untuk mata  tidak perlu lagi diragukan. Vitamin A berfungsi untuk membantu memerlihara sel kornea mata dan juga membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan juga gigi. Vitamin A juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari dari sel kanker jahat. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu dalam pembentukan hormon dalam tubuh.

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata bisa kita dapatkan dari berbagai sayuran dan umbi-umbian yang ada di sekitar kita. Diantara tanaman tersebut adalah wortel, ubi, labu, bayam dan juga buah tomat. Vitamin A juga bisa bersumber dari susu, keju, telur dan masih banyak lagi, termasuk mentega. Nah, jika saat ini Anda mengalami gangguan mata karena kekurangan vitamin A, maka Anda bisa mengkonsumi buah dan sayuran untuk meningkatkan fungsi mata Anda.

Kekurangan vitamin A bukan saja mengganggu kinerja mata, namun juga dapat mengganggu kinerja organ tubuh lainnya. Salah satu contoh penyebab kurangnya vitamin A dalam tubuh adalah perubahan bentuk tulang dan juga susunan bentuk gigi yang cenderung renggang dan sel-sel pembentuk gigi juga menjadi terhenti. Dan sebagai akibatnya adalah gigi mengalami kerusakan jika tidak segera ditangani sejak dini.

Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin A

Seroftalmia, dimana kornea mata mengering karena terganggunya kelenjar air mata. Ada juga keratomalasi , yaitu kornea mata mengalami kerusakan sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom dalam mata. Dan penyakit bintik bito, dimana mata mengalami kerusakan pada bagian retina. Maka tidak heran jika vitamin A menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga kinerja kerja mata.  

Itulah manfaat vitamin A untuk kesehatan mata, semoga artikel ini bisa mengingatkan kita semua bahwa begitu pentingnya vitamin A bagi kesehatan organ tubuh, salah satunya mata. Jika merasa bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini melalui salah satu tombol share yang tersedia di bawah ini. Kritik dan saran Anda bisa di sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia.


Beberapa makanan sumber vitamin A lainnya

Selain dari wortel dan sayuran lainnya, vitamin A juga bisa kita dapatkan dari hati. Makanan lain yang banyak mengandung vitamin A sangat tinggi adalah pepaya, mangga, kacang, brokoli, daging ayam dan sayuran kangkung. Dari sekian sumber vitamin A, hati merupakan sumber vitamin A paling tinggi di bandingkan dengan berbagai sumber vitamin A lainnya.

Manfaat vitamin A selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga sangat bagus untuk ibu hamil. Vitamin A bagi ibu hamil sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan juga perkembangan embrio dan janin dalam kandungan. Vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan mikroorganisme asing.


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

Alert

Protected by Copyscape Online Copyright Protection