#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Social Icons

Pages

Sunday, March 10, 2013

1001 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa bilang manfaat wortel untuk kesehatan mata saja? Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga memiliki segudang manfaat lainnya. Untuk itu, mungkin saatnya bagi kita untuk mengubah padangan terhadap wortel hanya sebagai vitamin untuk mata, tapi juga berbagai bagian tubuh lainnya, terutama untuk jantung. Nah, apa saja manfaat wortel untuk kesehatan selain mata? Selengkapnya silahkan sima berikut ini:

1. Menurunkan Kolestrol Jahat
Harvard University telah berhasil mengungkapkan sebuah hasil penelitian bahwa wortel dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh. Menurut hasil penelitian tersebut, mengkonsumsi wortel sebanyak 6 biji dalam satu minggu mampu menurunkan kolestrol lebih banyak daripada hanya mengkonsumsi 1 biji dalam seminggu.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Selain kaya akan vitamin A untuk mata, wortel juga kaya akan kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, beta karoten dan juga kalsium. Beta karoten dipercaya mampu memproteksi tubuh dari serangan kanker, penyakit jantung dan juga rheumatoid sebesar 70 persen.
manfaat wortel untuk kesehatan
Wortel
3. Mencegah Kanker Payudara
Masih menurut hasil penelitian dari Havard University, bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung beta karoten setiap hari dapat mengurangi risiko serangan kanker payudara. Menurut penelitian tersebut, 17% risiko kanker payudara dapat diturunkan berkat konsumsi wortel minimal 2 kali dalam sehari.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Wortel juga dapat melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya yang terbawa oleh udara. Caranya adalah dengan mengkonsumsi wortel di campur dengan biji ketumbar dan dimasak menjadi sup wortel. Menurut hasil penelitian, wortel dan ketumbar memang dapat memperkuat pertahanan tubuh dari serangan virus jika dikonsumsi secara bersamaan.

5. Untuk Kesehatan Kulit
Wortel juga dapat mempercantik kulit dan menghilangkan noda hitam akibat pigmentasi. Vitamin A dan beberapa senyawa lainnya juga di percaya dapat menjaga kesehatan kulit agar selalu tampil cantik dan bersinar. Jadi mulai saat ini, tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi wortel demi kesehatan dan juga untuk menjaga tubuh bebas dari berbagai macam penyakit kulit.

6. Melindungi Tubuh dari Polusi
Selama ini orang hanya mempercayai teh hijau sebagai satu-satunya antioksidan untuk melawan radikal bebas, tapi ternyata tidak hanya itu, karena ternyata wortel juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas akibat polusi udara dan juga mencegah penyakit jantung serta dapat menurnkan tekanan darah tinggi. Selain itu, wortel juga diyakini mampu memperlambat efek penuaan dini.

Demikianlah manfaat wortel untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat positif bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi wortel dengan porsi yang benar, karena jika mengkonsumsi wortel secara berlebihan juga dapat mengakibatkan efek samping. Bukan hanya wortel, makanan apaun jika di konsumsi secara berlebihan akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Salam

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

Alert

Protected by Copyscape Online Copyright Protection